Memperbaiki missing or corrupt c:\windows\system32\drivers\ntfs.sys

Ada beberapa masalah yang menyebabkan computer tidak bisa atau gagal booting pada windows xp, seperti missing ntldr, hal.dll is corrupt or missing, dan Missing or corrupt c:\windows\system32\drivers\ntfs.sys. Untuk computer gagal booting dikarenakan missing atau corrupt ntfs.sys ini biasanya disebabkan oleh harddisk telah diconvert dari FAT32 ke NTFS, dan selama proses conversi, file ntfs.sys ini tercorrupt.


Untuk mengatasi Missing or corrupt c:\windows\system32\drivers\ntfs.sys ini dapat dilakukan dengan mengcopy file ntfs.sys dari cd windows xp ke system
caranya adalah sebagai berikut:
  1. Atur BIOS / CMOS Setting agar booting menggunakan CDrom
  2. Masukkan CD Windows XP anda ke CDrom.
  3. Ketika muncul perintah “press any key to boot from the CD”, tekan salah satu tombol di keyboard (tombol apa saja)
  4. Setelah muncul Windows XP setup menu tekan tombol "R" di keyboard untuk memilih to repair a windows XP installation using Recovery Console.

  5. Pilih windows yang terinstall dengan menekan tombol "1" ( Jika windows yang terinstall hanya satu) kemudian tekan enter.
  6. Jika diminta memasukkan password administrator, masukkan password administrator dan tekan enter (Jika tidak ada passwordnya langsung saja tekan enter).
  7. Copy file ntfs.sys dari CDrom ke system windows anda dengan cara memberikan perintah seperti dibawah ini :

    copy x:\i386\ntfs.sys c:\windows\system32\drivers

    catatan: x pada kalimat diatas adalah nama drive cdrom dikomputer.Setiap computer bisa berbeda-beda. Jika cdrom dikomputer anda berada pada drive D, maka penulisannya menjadi copy D:\i386\ntfs.sys c:\windows\system32\drivers
  8. Jika file ntfs.sys telah ada dikomputer, maka akan ada pertanyaan apakah tetap akan mencopy file tersebut, tekan saja tombol Y untuk ya kemudian tekan enter
  9. Untuk keluar dari jendela recovery console, ketikkan EXIT kemudian tekan enter
  10. Setelah file ntfs.sys selesai dicopy ke file system, ambil cd windows anda dan restart computer. (Atur kembali agar windows booting melalui harddisk)

Comments