Cara menampilkan icon speaker / volume di taskbar pada windows xp

Icon volume atau speaker di taskbar, tepatnya pada notification area berguna untuk pengaturan volume audio komputer. Dengan adanya icon volume di taskbar, shobat tidak perlu membuka pengaturan volume audio komputer melalui control panel, jadi bisa lebih menghemat waktu. Dengan adanya icon volume di taskbar juga bisa dijadikan salah satu indikator bahwa audio berjalan dengan baik. Pada beberapa kasus komputer tidak bisa mengeluarkan suara karena icon volume atau speaker tersebut tidak aktif dan tidak muncul.
icon speaker
Salah satu penyebab komputer tidak bisa mengeluarkan suara atau audio adalah belum terpasangnya audio codec. Untuk itu shobat harus menginstall terlebih dahulu audio codecnya seperti relatec AC’97, dll. Shobat bisa download audio codec pada situs resminya, silahkan aja browsing di mbah google. Biasanya setelah audio codecnya terinstall, maka secara otomatis ikon volume atau speaker akan muncul di taskbar.
Jika audio sudah OK, namun ikon speaker atau volume control tidak muncul di taskbar, shobat dapat memunculkan icon speaker tersebut dengan cara :
Buka control panel kemudian klik ganda pada Sounds and audio devices
icon volume control
Pada jendela yang muncul pilih tab volume dan beri tanda centang pada Place volume icon in the taskbar
icon volume control dan speaker
Klik OK
Selain cara diatas, kadang pengaturan icon volume di taskbar telah diatur hidden sehingga tidak muncul di taskbar. Shobat bisa merubahnya menjadi always show pada pengaturan notification area.
Klik kanan pada start kemudian pilih properties
start properties
Pilih tab Taskbar kemudian klik customize pada pilihan notification area
memunculkan icon volume control
Ubah pengaturan dari always hide menjadi always show atau hide when inactive
menampilkan icon speaker
Klik OK
Dengan pengaturan diatas, mestinya icon volume control atau speaker telah muncul di taskbar.

Comments