Blogger Statistik

Tampilan grafis sederhana namun terasa nyaman digunakan, itulah kesan pertama saya ketika mencoba fitur terbaru dari Blogger Statistik.  Dari sekian banyak fitur yang sudah ditanam kedalam Blogger, baru kali ini saya merasa semuanya terasa lengkap. Kalau sebelumnya saya harus login bolak balik ke Google Analytics, kali ini semua terlihat lebih simple kerena sebagian fitur penting dari Google Analytics sudah tertanam kedalam fitur Blogger Statistik yang bisa kita lihat langsung melalui halaman Dashbord. oh iya..untuk bisa mencoba fitur ini karena masih dalam tahap uji coba,  maka rekan bisa mengaksesnya melalui halaman Blogger In Draft




Biar lebih mudah mempelajari semua fitur yang ada, disini saya coba uraikan satu-persatu :

1. Blogger Statistik Overview
Fitur ini memungkinkan kita melihat statistik dari jumlah kunjungan secara global. Dengan tampilan statistik terbagi menjadi 4 bagian, kita sebagai admin tentu dipermudah menganalisa trafik secara real time, melihat minat pengunjung dan menganalisa dari mana saja pengunjung blog kita berasal. Untuk yang lebih spesifik lagi kita dapat memilih waktu penanyang yang tersedia dapat beberapa tab, bisa dalam hari, minggu, bulan atau pada total waktu keseluruhan.

2.  Blogger Statistik Post
Gak perlu dijelaskan panjang lebar untuk statistik post, kita tentu sudah mengerti maksud dari penayang ini, Singkatnya kita dapat melihat langsung postingan atau artikel mana yang paling banyak diminati pengunjung. Nah kalau mau menganalisa lebih jeli,  statistik post dengan nilai terbesar bukan hanya berisi artikel menarik atau karena posting ini baru diterbitkan, tapi kata kunci sesuai penargetan juga berpengarur besar lho :) yang lebih kren lagi jika blog kita khusus untuk jual-beli barang tentu kita bisa dengan mudah mengalisa barang apa saja yang paling banyak dicari pembeli :)

3. Blogger Statistik Traffic Sources
Bagaimana cara pengunjung menemukan blog kita? disinilah semuanya trafik kujungan tercatat dan ditampilkan kedalam bentuk laporan. Ada 3 bagian yang bisa kita anlisa yaitu, bisa melalui Referring URLs, Referring Sites dan Search Keyword.

4. Blogger Statistik Audience
Sangat menarik jika kita dapat dengan mudah mengalisa dari negara mana saja pengujung kita berasal, Web Browser dan SO apa saja yang paling banyak digunakan untuk menampilkan halaman blog kita. Ingat pengunjung adalah raja, tentu kita berharap memberikan servis terbaik untuk mereka.

Satu hal menurut saya ada yang kurang atau memang sengaja tidak ditampilkan, kenapa blogger hanya menampilkan statistik untuk jumlah pageviews tanpa menampilkan jumlah visitor? atau memang jumlah visitor langsung djumlahkan dengan kedalam statistik pageviews. yah siapa yang tau...ditunggu aja kabar selanjutnya... :)

Comments

Popular posts from this blog