Apa itu Hosting?

Apa itu hosting?. Setiap website atau blog yang ada di internet memerlukan suatu server supaya bisa online 24 jam. Server tempat penyimpanan data website tersebut sering dikenal dengan istilah hosting. Kali ini kangmizwar akan sedikit berbagi pengetahuan tentang istilah hosting.

Apa itu yang dinamakan Hosting?

Hosting merupakan suatu jasa / layanan yang disediakan oleh web hosting ( penyedia hosting ) sebagai tempat untuk menyimpan data suatu website atau situs. Data disini berarti global, dalam arti bukan hanya untuk isi web tersebut melainkan semua elemen yang terdapat dalam web itu sendiri. Seperti contoh yang simple yaitu email.

Siapa saja yang membutuhkan Hosting?

Saat ini hosting merupakan kebutuhan utama ( selain domain ) bagi siapa saja baik itu individu, organisasi, kelompok, atau pemerintah yang ingin memiliki website.

Jenis – jenis Hosting

Ada beberapa jenis layanan hosting yang bisa kita gunakan sesuai kebutuhan website kita, diantaranya :
  1. Shared Hosting.
    Shared hosting merupakan jenis hosting dimana pada hosting jenis ini suatu server digunakan oleh bersama – sama. Dalam arti satu hosting digunakan oleh beberapa website. Hosting jenis ini, biasanya cocok untuk para blogger yang blog nya masih memiliki tingkat kunjungan yang rendah.
  2. VPS ( Virtual Private Server ) Hosting.
    Hosting jenis ini berada satu tingkat diatas Shared Hosting. Dimana Hosting VPS ini merupakan gabungan dari beberapa server hosting yang di virtualisasi. Sehingga memungkinkan si pengguna untuk mengelola hostingnya sendiri. Hosting jenis ini banyak digunakan oleh website / blog yang memiliki traffic kunjungan lumayan tinggi dan content yang complex.
  3. Dedicated Server Hosting.
    Hosting jenis ini merupakan jenis hosting tingkat tinggi. Dimana kebutuhan perangkat server yang digunakan serba besar, mulai dari bandwidth, disk space, dan memory. Hosting jenis dedicated ini biasanya digunakan oleh corporate.

Comments

Popular posts from this blog

Blogger Statistik