Tips Buat Pengaman Motor 10 ribuan

Sistem pengaman motor banyak sekali ragamnya, mulai dari mengunci roda sampai dengan menonaktifkan pada sistem elektroniknya. Bagaimana membuat sistem pengaman dengan harga dibawah 10 ribuan?

Ikuti langkah - langkah dibawah ini.
1. Siapkan bahan yang diperlukan. Antara lain : kabel body (serabut) : 3 meter, switch (saklar) geser 3 posisi, lem (alteco).

2. Potong jadi dua kabel tersebut, kemudian solder ujung kabel dengan switch geser 3 posisi. Satu kabel dengan terminal bagian tengah saklar sedangkan yang lain dengan salah satu tepi terminal saklar.

3. Carilah letak CDI motor anda, kemudian temukan kabel yang dihubungkan dengan massa/ body. Biasanya kabel berwarna hitam atau hijau.

4. Potong kabel CDI yang ke body tersebut kemudian sambungkan dengan kabel dari switch yang anda siapkan tadi ( misal kabel terminal bagian tengah switch).

5. Sambungkan kabel switch yang lain dengan body kendaraan.

6. Posisikan tombol swicth pada kondisi OFF (kedua terminal tidak terhubung)

7. Hidupkan kendaraan, dalam kondisi switch OFF motor harusnya tidak dapat hidup.

8. Kemudian kembalikan posisi tombol switch pada psosi ON (kedua terminal terhubung), dalam kondisi ini ketika motor di start harus mesin hidup.

9. Kalau switch pengaman anda sudah berfungsi dengan baik, tentukan tempat saklar rahasia tersebut di tempat yang paling aman menurut anda.

10. Rekatkan switch tersebut di tempat yang telah anda tentukan tadi dengan menggunakan lem.

Sekarang .......... motor anda lebih aman dan andapun lebih nyaman beraktifitas ketika harus meninggalkan motor yang anda parkir.







Daftar Pustaka
Tips pengaman motor murah meriah oleh Heru Cahyono 2006

Comments

Popular posts from this blog

Blogger Statistik