PERAWATAN SHOCK BREKER PADA SEPEDA MOTOR


Fungsi daripada sock breker pada sepeda motor adalah untuk meredam kejutan pada saat sepeda motor Anda diperlambat atau ban sepeda motor Anda mengalami benturan keras karena jalan dipermukaan Anda tidak rata, sehingga membuat Anda terjungkal pada saat Anda mengendarainya. Bayangkan saja jika sock breker Anda tidak berfungsi pada sepeda motor Anda, mungkin dapat menyebabkan Anda tidak begitu nyaman saat Anda mengendarainya atau mungkin dapat menyebabkan kerusakan pada kompenen yang lainnya, karena oleh sock breker gerak naik turun sepeda motor Anda diperlambat sehingga menjadi lembut itulah sebabnya sock breker disebut juga sebagai peredam kejut.
Sock breker terdiri dari tabung yang berisi oli. Didalam tabung tersebut terdapat sebuah katup yang berfungsi untuk mengatur aliran oli. Perlambatan gerak ayun sepeda motor terjadi karena aliran oli tabung sock breker terhambat oleh katup. Hal ini disebabkan karena lubang katup yang sempit. Jika jumlah oli dalam tabung kurang maka kerja sock breker tidak bisa meredam kejutan. Apabila kerja sock breker sudah tidak baik maka sebaiknya sock breker itu diganti. Pergantian sock breker dianjurkan sepasang sekaligus meskipun sock breker yang satunya tidak rusak. Hal ini dimaksudkan untuk menyamankan tekanannya agar tetap seimbang, tidak berat sebelah atau miring.
Untuk menentukan apakah sock breker bekerja dengan baik atau tidak bukanlah hal yang sulit. Biasanya sock sepeda motor yang sock brekernya sudah rusak menjadi tidak enak dikendarai. Kerusakan sock breker umumnya disebabkan oleh kebocoran oli. Hal ini bisa dilihat pada tabung sock brekernya. Jika tabung sock breker selalu basah oleh rembesan oli maka hal itu sock breker bocor, sock breker harus diganti jika sudah tidak baik kerjanya.

Pemerikasaan dan Perawatan :

1. Jika selama sepeda motor dikendarai dan kadang sepeda motor oleng kesalah satu sisi tanpa sebab yang jelas maka ada kemungkinan salah satu sock brekernya rusak. Periksalah keadaan sock brekernya. Jika terdapat rembesan oli pada tabungnya maka hal itu berarti sock breker bocor sehingga tekanannya tidak sama. Kedua sock breker harus diganti.

2. Jika selama sepeda motor dikendarai pengegasannya terasa tidak nyaman tetapi tekanan ban normal, tidak terlau keras, mungkin disebabkan oleh sock brekernya. Jika salah satu sock breker rusak, ganti keduanya. Untuk pemeriksaan sock breker, tekanlah sepeda motor tersebut kebawah dan kemudian lepaskan tekanan tersebut secara mendadak. Jika sepeda motor melenting dengan cepat bagian badannya dan berayun-ayun maka kemungkinan besar sock brekernya tidak bekerja. Sock breker tersebut harus diganti.

3. Periksa keadaan pegas suspensinya. Ukur panjang pegas dalam keadaan pegas terlepas. Jika panjang pegas melebihi ketentuan,pegas harus diganti.
Mungkin saja Anda punya cara lain dalam merawat sock breker sepeda motor Anda, beritahukan kepada kami?


Daftar Pustaka

Perawatan shock breker pada sepeda motor oleh Zaelani Drs. Boentarto 1993 , 121 Halaman 979-763-109-5

Comments